Perbedaan Notebook dengan Laptop



Semakin hari kemajuan teknologi yang dicapai semakin canggih, dan gadget yang biasa kita gunakan sehari-hari pun menjadi lebih kecil dan lebih kecil. Salah satu contoh dari kemajuan teknologi ini bisa dilihat pada laptop dan notebook. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara notebook dan laptop namun kenyataannya banyak orang cenderung menjadi bingung membedakan keduanya. Karenanya kita perlu mencari informasi tentang perbedaan laptop dan notebook sebelum memutuskan untuk memberlinya. Simak artikel berikut tentang perbedaan dan perbandingan laptop dengan notebook.

Laptop
laptop merupakan sebuah Istilah yang digunakan untuk merujuk ke komputer portabel yang kecil, yang kinerjanya hampir sama baiknya dengan PC desktop. Walaupun dalam kinerjanya sama dengan komputer dekstop namun memilik ketahanan baterai yang lemah, dan karenanya memiliki kehidupan yang lebih singkat. Laptop memiliki ukuran kecil dimana Anda dapat membawanya dengan mudah. Bahkan, nama laptop berarti sangat kecil sehingga Anda dapat dengan mudah meletakkannya di pangkuan saat bekerja. Dalam hal harga laptop relatif lebih mahal dibandingkan dengan komputer desktop.
Notebook
Notebook bila di artikan lepas berarti buku catatan. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan sebuah komputer portabel, bahkan lebih kecil dari laptop dalam hal ukuran, tetapi memiliki daya tahan baterai yang lebih besar dibandingkan dengan itu. Mereka juga disebut sebagai PC notebook karena kenyataannya notebook berukuran sangat kecil dan bisa difungsikan sebagai buku catatan yang sebenarnya. karena ukurannya yang sangat kecil, notebook memiliki keuntungan yakni dapat dengan mudah terbawa di mana saja. Notebook relatif lebih murah daripada laptop, karena mereka memiliki fitur yang lebih rendah dibandingkan dengan Laptop.
Laptop VS Notebook
1. Dalam hal ukuran, notebook memiliki keunggulan atas laptop karena kenyataan bahwa notebook jauh lebih kecil dan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.
2. Masa pakai baterai dari sebuah laptop berkisar antara 2-3 jam tergantung pada penggunaan Anda, sedangkan yang sama di notebook berkisar antara 4-6 jam.
3. Ketika membicarakan tentang kinerja, laptop memiliki keunggulan atas notebook. Laptop jauh lebih kompatibel untuk mengubah hardware dibandingkan dengan notebook. Laptop lebih kompatibel untuk berbagai perangkat keras karena ukurannya lebih besar. Biasanya pada laptop terdapat beberapa perangkat CD atau DVD drive yang kebanyakan tidak terdapat dalam notebook.
4. Sistem pendingin di Laptop juga lebih baik daripada notebook sehingga laptop relatif lebih dingin saat digunakan.
Mana yang lebih baik: Notebook atau Laptop?
Jika berbicara tentang mana yang lebih baik antara laptop dan notebook maka akan terjadi debat kusir yang tidak akan pernah selesai karena masing-masig mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan laptop ada pada kinerja dan kompatibel dengan banyak hardware. Sendangkan notebook lebih memiliki daya tahan baterei dan harganya yang relatif murah. Semua kembali kepada Anda apakah memilih notebook atau laptop. Sesuaikanlah dengan budget dan keperluan Anda
keterangan gambar diambil dari google image

One comment

  • menarik informasinya gan, klo artikelnya menarik dan sangat saya suka penjelasannya yg cukup menarik lagipula loe, juga bagi teman2 yg suka film box office ampe semi terbaru silakan kunjungi situsnya saya ok, makasi untuk admin situs ini loe, salam blogger indonesia.

Tinggalkan Balasan