Cara men-Solder yang Baik & Benar

By ahmad sodiq Topics [ Electronica | | ]

Jika kita amati kenapa solder-an dari pabrikan untuk beberapa perangkat elektronika sangat rapi dan halus. Karena para teknisi yang ada di sebuah pabrik di tuntut untuk rapi dan sempurna demi kualitas produksi.
Apakah anda bisa melakukannya? Mungkin itu yang muncul di pikiran bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi elektronika. Bagi yang bukan silahkan saja anda baca jika berkenan.
Perlengkapan yang harus dimiliki oleh seorang “tukang service” elektronika yang tidak boleh lepas adalah solder dan timah.
Memilih solder tidak sembarangan harus yang memiliki panas yang tepat untuk komponen yang sensitive terhadap panas, setidaknya daya solder antara 25 – 40 watt tidak boleh lebih.
Begitu juga memilih timah yang bagus memiliki pasta di dalam timah dengan ukuran diameter 0.8m/m. yang biasa saya gunakan adalah soldering timah cap pancing, sangat baik hasil solderannya.
Inilah cara solderan yang tepat

Posisi timah dan solder harus dalam posisi seperti gambar di atas jika ingin menghasilkan solderan yang baik.
Lakukan secara perlahan-lahan dan tepat. Lakukan jangan sampai lebih dari 3 detik, kepanasan akan berakibat komponen terbakar/ mati. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan pecinta elektronika.
 “Smkn3llg elektronika”

Tinggalkan Balasan